Menipiskan Alis Untuk Mempercantik Diri, Sudah Tahukah Hukumnya Dalam Pandangan Islam..??

Menipiskan Alis Untuk Mempercantik Diri, Sudah Tahukah Hukumnya Dalam Pandangan Islam..??
Menipiskan Alis Untuk Mempercantik Diri, Sudah Tahukah Hukumnya Dalam Pandangan Islam..??

Usaha untuk mempercantik diri bagi kaum hawa selalu bermacam-macam caranya. Dari mulai make up sampai dengan menata dan menipiskan alis. Nah... sudah tahukah apa hukumnya menipiskan alis dalam islam? Mari simak dalilnya.

Tindakan berlebihan dalam berhias yang diharamkan Islam di antaranya adalah mencukur alis agar tinggi atau rata. Rasulullah saw telah melaknat wanita yang mencukur alis dan minta dicukur alisnya (Diriwayatkan oleh Abu Daud).

Lebih haram lagi jika mencukur alis itu menjadi simbol bagi wanita–wanita tuna susila.

Sedangkan ulama Hanbali berkata: “Diperbolehkan mencukur rambut dahi, memberinya warna merah (make up), mengukir, dan memperuncing ujung matanya apabila dengan izin suaminya, karena yang demikian itu termasuk berhias.”

Akan tetapi Imam Nawawi bersikap keras dalam hal ini. Tidak memperbolehkan mencukur rambut dahi dan menganggapnya sebagai perbuatan mencukur alis yang diharamkan. Wanita yang mencukur alis hingga tipis sekali, dan dengan demikian tidak termasuk menghias muka dengan menghilangkan bulu-bulunya.

At-Thabari meriwayatkan dari isteri Abu Ishaq bahwa suatu ketika dia berkunjung ke rumah Aisyah, sedangkan dia adalah seorang wanita muda yang cantik jelita. Lalu wanita itu bertanya, “Bolehkah seorang wanita menghias mukanya untuk kepentingan suaminya?” Aisyah menjawab, “Hilangkanlah kotoran dari dirimu sedapat mungkin.” (Fathul Bari)

Sudah tahu kan sahabat Ummi bagaimana hukum menipiskan alis, semoga kita bisa mempercantik diri dan hati sesuai dengan syariat. Aamiin.

Semoga Bermanfaat, Dan jangan lupa bagikan ya sahabat.


Sumber : (halal dan haram)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hebooh..!!! Masyarakat di Gegerkan oleh Jenazah Yang Melahirkan Saat Dimandikan... Merinding Bacanya!!

Parkir Motor di Lahan dan Taruh Helm di Jok, Pemuda Ini Kaget Bukan Main Saat Kembali

Wanita 26 Tahun Menikahi Ibu Kandungnya, Nasibnya Kini Memprihatinkan