Lakukan 8 Amalan ini Jika ingin Bertemu Rasulullah Di Surga

Lakukan Amalan ini Jika ingin Bertemu Rasulullah Di Surga
Lakukan Amalan ini Jika ingin Bertemu Rasulullah Di Surga

Rasulullah SAW merupakan suri teladan yang sangat baik bagi umat muslim di seluruh dunia. Sebab, beliau merupakan figur yang pantas dipuji oleh siapa pun, karena memiliki kesempurnaan, baik dari sifat, perilaku maupun tutur katanya.

Berada dekat dengan Rasulullah SAW merupakan sebuah kenikmatan yang sangat agung. Akan tetapi, kebersamaan dengan Rasulullah SAW di akhirat tentunya jauh lebih utama. Bukan hanya para sahabat, kita sebagai umat-Nya tentu juga ingin berjumpa dan menemani beliau di surga kelak.

Sebab surga merupakan tempat terindah dan terbaik untuk kita kembali setelah dunia yang fana ini.  Orang yang bersama Rasulullah di surga berada pada tingkatan  kemulian tertingginya. Pastinya kita juga berkeinginan mendapatkan tingkatan derajat yang sangat mulia tersebut.  Berikut ini beberapa amalan agar  kita bisa berjumpa dengan Rasulullah di surga kelak.

1. Taat kepada Rasulullah SAW. Allah SWT berfirman: “Dan barangsiapa yang menaati Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: para Nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang shalih, dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya” (QS. Al-Nisa: 69).

Disebutkan dalam Al-Mu’jamal al-Kabir milik Al-Thabrani, dari Ibnu Abas Radhiyallahu ‘Anhuma: ada seseorang datang kepada Nabi Muhammad SAW dan berkata: “Wahai Rasulullah, sungguh aku mencintaimu sehingga aku ingin menyampaikan kepadamu jika aku datang dan tidak melihatmu maka aku merasa nyawaku             keluar. Aku masuk surga dan berada di bawah tempatmu maka hal itu sangat menyedihkan buatku. Aku ingin satu tingkat bersama dirimu”. Rasulullah SAW tidak menjawab sedikitpun sehingga Allah ‘Azza Wa Jalla menurunkan ayat di atas. Kemudian Rasulullah SAW memanggilnya dan membacakan ayat tersebut kepadanya.

2. Mencintai Nabi Muhammad SAW. Disebutkan dalam Shahihain, dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu berkata: Ada seseorang bertanya kepada Rasulullah tentang hari kiamat lalu berkata: “Kapan hari kiamat tiba?”. Kemudian Rasulullah menjawab: “Apa yang engkau persiapkan untuk menghadapinya?”. Ia menjawab: “Tidak ada, melainkan saya mencintai Allah dan Rasul-Nya”. Maka Rasulullah bersabda: “Engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai (di akhirat kelak)”.

Kemudian Anas berkata: “Sungguh saya mencintai Nabi Shallallahu’ alaihi Wasallam, Abu Bakar dan Umar berharap agar saya bisa bersama mereka (di akhirat kelak) disebabkan cintaku terhadap mereka, walaupun saya tidak beramal seperti amalan mereka” (HR. Bukhari).

3. Memperbanyak salat sunnah. Disebutkan dalam Shahih Muslim, Rabi’ah bin Ka’ab Al Aslami Radhiyallahu ‘Anhu bercerita bahwa dia pernah bermalam bersama Rasulullah SAW. Kemudian ia menyiapkan air wudhu dan keperluannya. Beliau lalu bersabda kepadaku, “Mintalah sesuatu kepadaku”. Lalu dia berkata: “ Saya meminta agar saya bisa bersamamu di surga”. Rasulullah menjawab: “Adakah permintaan selain itu”. Dia berkata: “Hanya itu”. Lalu Rasulullah SAW bersabda: “Maka bantulah aku atas dirimu (untuk memohon kepada Allah agat memenuhi permintaanmu dengan memperbanyak sujud (salat)” (HR. Muslim).

4. Berakhlak mulia. Dalam sebuah kesempatan Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa orang yang paling dicintainya dan paling dekat dengannya di akhirat kelak, adalah orang yang paling baik akhlaknya. Sebagaimana diceritakan oleh Jabir Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya orang yang paling saya cintai dan paling dekat majelisnya denganku di antara kalian hari kiamat kelak (di surga) adalah yang paling baik akhlaknya..” (HR. Al- Tirmidzi).

5. Memperbanyak membaca shalawat. Selain berakhlak mulia, Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa manusia yang paling dekat dengannya di hari kiamat kelak adalah orang yang senantiasa memperbanyak  membaca shalawat.

Sebagaimana disebutkan dari Abdullah bin Mas’ud RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Manusia yang paling utama (dekat) denganku hari kiamat kelak adalah yang paling banyak bershalawat atasku” (HR. Al- Tirmidzi).

6. Merawat, menyantuni, dan membantu anak yatim. Berbuat baik kepada anak-anak yatim termasuk sebab keberuntungan di akhirat dengan mendapatkan surga tertinggi. Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang merawat anak yatim di surga kelak seperti ini, seraya beliau mengisyaratkan jari tengah dan telunjuknya lalu merenggakan keduanya” (HR. Muttafaq ‘Alaih).

7. Mendidik anak-anak wanita menjadi wanita shalihah. Dalam sebauh hadist disebutkan, dari Mushannaf Ibnu abi Syaibah,  Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mempunyai dua orang saudari atau dua orang putri lalu ia berbuat baik kepada keduanya selama mereka bersama dirinya maka saya dan dia di surga seperti ini, beliau mendekatkan kedua jarinya”.

8. Memperbanyak doa. Seseorang yang menginginkan menjadi penghuni surga dan bertemu dengan Rasulullah SAW, hendaknya selain terus berupaya melaksanakan segala perintah Allah SWT namun juga harus berdoa agar segala keinginan dapat tercapai. Dengan demikian, doa merupakan salah satu bagian tawakal seorang hamba dalam usahanya agar kelak dapat bertemu dan dekat dengan Rasulullah di surga.


Sumber : islampos

Baca Juga :

Masya Allah inilah 7 Amalan Yang Pahalanya Terus Menerus Mengalir

HEBOH..!! Video Oknum Polisi Sedang Tawar-Menawar Uang Tilang Dengan Pengendara

Ingin Membangun Rumah Minimalis Dengan Biaya Di Bawah 40 Juta..?? Baca Dulu Tips Berikut ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hebooh..!!! Masyarakat di Gegerkan oleh Jenazah Yang Melahirkan Saat Dimandikan... Merinding Bacanya!!

Parkir Motor di Lahan dan Taruh Helm di Jok, Pemuda Ini Kaget Bukan Main Saat Kembali

Wanita 26 Tahun Menikahi Ibu Kandungnya, Nasibnya Kini Memprihatinkan